Masih Sering FOMO? Say No More!

Masih Sering FOMO? Say No More!

Sadar nggak sih, kalau sekarang kita sudah sangat terpapar dengan media sosial. Bahkan rata-rata pemakaian internet di Indonesia bisa mencapai 7 jam per hari lho, CK Friends! Rasanya seperti nggak afdol jika kita tidak melihat update berita dan informasi yang ada satu hari saja. Kalau tertinggal informasi sedikit saja banyak yang merasa resah dan khawatir. Fenomena tersebut biasanya lebih dikenal dengan istilah FOMO (Fear of Missing Out). Yuk kita kenali istilah satu ini lebih dalam lagi, CK Friends!

Kenal lebih dekat dengan FOMO

Mungkin istilah FOMO sendiri sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya FOMO sendiri merupakan suatu sindrom yang memicu rasa takut dan khawatir pada seseorang akan ketinggalan tren yang sedang ramai terjadi. Nggak hanya sebatas kekhawatiran mengikuti tren di sosial media, segala aspek kehidupan yang membuat seseorang merasa khawatir tertinggal atau kurang update dapat dikategorikan kedalam sindrom ini. Hal-hal seperti aktivitas sosial, status sosial, pekerjaan, dan kondisi lainnya juga bahkan bisa menjadi salah satu pemicu sindrom FOMO ini lho, CK Friends!

Penyebab dan bahaya FOMO

Intensitas penggunaan media sosial yang tinggi memang memiliki dampak negatif terhadap mental health seseorang. Dengan terus berselancar di medsos, kita hanya akan melihat sisi kehidupan yang nyaman dari orang lain. Penggunaan medsos yang tidak bijak dan berlebihan itulah yang membuat seseorang menjadi takut, cemas, khawatir akan tertinggal informasi dan terlihat nggak update. FOMO juga memungkinkan rasa iri dalam seseorang timbul sehingga mengalami stres karena terlalu membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain.

Cara mengatasi FOMO

Sering kali kita nggak sadar jika sedang terkena sindrom satu ini. Contoh kecilnya saat kamu diajak hangout dengan temanmu, dan kamu langsung setuju dengan ajakan tersebut karena takut ketinggalan momen seru pada saat teman yang lain pergi hangout. Karena memiliki efek negatif bagi diri seseorang, FOMO harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas dan perasaan siapa pun yang mengalaminya.

Hal pertama yang harus kamu sadari adalah kamu tidaklah sama dengan orang lain. Maka dari itu, tingkatkan rasa syukur pada diri dan fokuslah pada kelebihan yang kamu punyai. FOMO sendiri juga sering terjadi karena mindset yang negatif. Kamu bisa belajar untuk mengubah persepsi dalam pikiranmu kearah yang lebih positif. Jika dirasa perlu, nggak ada salahnya kalo kamu ingin “rehat” sejenak dari penggunaan media sosial.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai fear of missing out. Biar kamu gak ikutan FOMO, mending kamu mampir ke Circle K dan beli Es Kopi Susu Gula Aren yang bisa kamu beli dengan harga cuma Rp10.000. 

Yuk buruan mampir ke Circle K terdekat! 

Categories: