Perbedaan Matcha vs Green Tea: Serupa Tapi Tak Sama!

Perbedaan Matcha vs Green Tea: Serupa Tapi Tak Sama!

Siapa sih yang tak kenal dengan matcha dan green tea? Salah satu bahan yang erat dengan kebudayaan Jepang ini banyak kita jumpai dalam berbagai kreasi jenis olahan makanan maupun minuman. Meski sudah dikonsumsi sejak beratus-ratus tahun lalu, sekarang ini green tea berhasil menjadi bahan yang tetap eksis bagi segala kalangan. Meskipun merupakan dua hal yang berbeda, nyatanya masih banyak orang yang mengira bahwa matcha dan green tea merupakan sebuah olahan yang sama lho, CK Friends. Apa saja perbedaan matcha dengan green tea, yuk kita simak bersama!

Perbedaan antara matcha dan green tea

Matcha dan green tea sama-sama berasal dari tanaman Camellia sinensis, tumbuhan yang juga nantinya menghasilkan  teh jenis lain seperti teh hitam dan teh oolong. Yang menjadi pembeda  adalah cara pengolahan dan bentuk produknya berbeda. Green tea menggunakan daun teh yang diseduh. Sedangkan, matcha adalah versi bubuk dari daun teh hijau 

1. Cara pengolahan

Green tea diolah mulai dari dipanennya daun teh dan segera dipanaskan dengan cara dikukus, dibakar di wajan, atau dikeringkan di bawah matahari untuk menghindari oksidasi daun agar tidak berubah warna menjadi cokelat. Setelah daun mengering, teh hijau siap untuk konsumsi.

Sedangkan, pengolahan matcha dilakukan dengan lebih teliti. Tumbuhan teh untuk matcha akan ditanam di area yang tidak terlalu terpapar matahari ketika sudah mendekati masa panen. Hal ini bertujuan untuk mengatur variabel produksi agar rasa dan karakteristik akhirnya sesuai dengan matcha pada umumnya.

2. Rasa 

Jika dibandingkan dari segi rasa, tentunya diatara matcha dan green tea memiliki perbedaan. Green tea sendiri mengandung rasa yang cenderung sepat namun ringan dan menyegarkan. Dilain sisi, matcha memiliki rasa sedikit pahit dan manis, dan tajam atau earthy

3. Hasil olahan produk 

Untuk mengonsumsi green tea, CK Friends cukup menyeduh teh hijau kemasan kantong maupun daun cacah dengan air panas. Green tea cocok dinikmati sebagai minuman hangat  dan bisa dikombinasikan dengan gula, lemon, ataupun madu sebagai perasa.

Untuk matcha, umumnya bisa kamu dapatkan dalam bentuk bubuk untuk kemudian kamu campurkan dengan bahan lain. Untuk mengonsumsi matcha, kamu bisa kreasikan dengan tambahan susu untuk membuat matcha latte.

Antara matcha dan green tea, keduanya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh loh, CK Friends! Beberapa manfaatnya diantaranya adalah menjadi sumber antioksidan, meningkatkan fungsi kognitif dan memori, meningkatkan metabolisme,  dan mencegah kerusakan sel kulit karena sinar matahari (photoaging).

Itulah perbedaan antara matcha dengan green tea yang perlu kamu ketahui. Buat pecinta matcha, kamu bisa coba Iced Matcha Latte dari Circle K. Harmoni menggugah antara kentalnya matcha dan lembutnya susu, jadi pilihan sempurna untuk para pecinta teh dan pencari pengalaman minum yang spesial dan menyegarkan.

Categories: