Minal Aidin Wal Faidzin! Intip 5 Hal Yang Identik Dengan Lebaran

Minal Aidin Wal Faidzin! Intip 5 Hal Yang Identik Dengan Lebaran

Lebaran telah tiba, hari kemenangan akhirnya telah diraih setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Di momen spesial ini, umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, merayakannya dengan penuh suka cita. Kemeriahan Lebaran sendiri di Indonesia identik  dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang sudah turun-temurun dilakukan. Penasaran apa saja? Yuk CK Friends, kita intip sama-sama 5 hal yang identik dengan lebaran di Indonesia!

1. Takbiran

Kegiatan yang satu ini dilakukan saat malam hari menjelang lebaran. Takbiran menjadi salah satu aktivitas menjelang lebaran yang dinantikan oleh banyak orang. Pasalnya orang-orang akan mengumandangkan takbir sembari berkeliling diiringi tabuhan bedug dan meriahnya petasan. Tradisi pawai takbiran di tiap daerahnya memiliki keberagaman, yang pasti tetap membawa suasana meriah yang sama. 

2. Memakan Ketupat

Menu wajib yang nggak boleh dilewatkan saat lebaran, apa lagi kalau bukan ketupat! Makanan khas lebaran ini sudah menjadi tradisi yang nggak bisa dipisahkan dari momen Idul Fitri. Dengan hidangan pendamping lainnya seperti opor, rendang, semur, sambal goreng kentang, dan yang lainnya membuat ketupat selalu menggoda selera. Apalagi menyantapnya bersama dengan keluarga tercinta di tengah suasana yang hangat, pasti rasa nikmatnya akan bertambah berkali-kali lipat!

3. Mudik Ke Kampung Halaman

Kalo yang satu ini, biasanya paling ditunggu sama para perantau nih, CK Friends! Pada saat menjelang lebaran, orang-orang akan berbondong-bondong kembali ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga. Momen sepanjang perjalanan mudik juga nggak jarang menjadi sebuah petualangan yang mengandung segudang cerita. Ada yang rela menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi, merasakan sensasi macet berjam-jam, hingga beradu cepat dengan waktu agar bisa sampai kampung halaman tepat waktu. 


Baca juga:

Nostalgia Momen Puasa Memorable Saat Kecil, Bikin Kangen!

4. Membagikan THR

Ngaku, siapa yang pas masih kecil nungguin banget dikasih THR? Bagi anak-anak, momen ini adalah salah satu yang paling dinanti-nanti saat lebaran tiba. Antusiasme masyarakat juga terlihat dari antrian panjang di depan ATM dan bank untuk menukar uang baru. Sebenarnya tradisi bagi-bagi THR ini nggak melulu soal nominal uang yang diberikan, tapi lebih kepada makna berbagi kebahagiaan dan rasa syukur.

5. Halal bi Halal dan Silaturahmi Bersama Keluarga

Setelah momen lebaran usai, momen silaturahmi jangan sampai ikut berhenti juga ya, CK Friends! Biasanya Halal bi Halal menjadi ajang silaturahmi yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan bersama keluarga tercinta. Pasalnya, setelah sudah lama nggak berjumpa, momen ini menjadi ajang reuni keluarga untuk melepas rindu. Di momen ini pula keakraban dan kehangatan akan terasa begitu kental, mengingatkan kita pada arti penting keluarga. 

Nah CK Friends, itu dia 5 hal yang identik dengan lebaran di Indonesia. Lebaran adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Jadikan momen ini sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan saling berbagi kebahagiaan. Biar lebih berkesan, ajak sanak saudaramu buat nongkrong dan jajan Iced Banana Gum dan Hot Dog Chilli Cheese Kransky di Circle K terdekat!

Categories: