Red Flag vs Green Flag? Perhatikan Tanda Ini pada Pasangan!

Red Flag vs Green Flag? Perhatikan Tanda Ini pada Pasangan!

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, apakah pasanganmu benar-benar "the one"? Atau jangan-jangan, kamu justru terjebak dalam hubungan yang penuh drama dan toxic? Belakangan ini, istilah red flag dan green flag pada pasangan lagi banyak banget dibahas di berbagai platform media sosial. Dua istilah gaul ini merujuk kepada label-label terhadap tanda dalam sebuah hubungan, baik tanda positif maupun negatif. Biar nggak kena prank, yuk simak tanda red flag dan green flag yang harus kamu perhatikan buat nentuin apakah pasanganmu adalah soulmate atau justru troublemaker.

1. Perhatikan ketika mengutarakan kemarahannya

Ketika kamu menjalani sebuah hubungan, pasti ada pasang surut yang dialami. Amarah merupakan sebuah hal yang wajar dalam menjalani hubungan, namanya juga manusia. Tapi, gimana kalau kamu punya pasangan yang gampang banget marah dan kesulut emosi? Tenang, kamu nggak perlu ngetes dia dengan sengaja kok. Coba deh perhatiin gimana dia kalau lagi marah. 

Sering nggak sih dia ngebanting barang, ngomong kasar, atau bahkan sampai ngelakuin kekerasan fisik? Kalau iya, dengan red flag yang udh kelihatan mungkin kamu perlu mikir ulang nih, kira-kira dia cocok nggak jadi pasanganmu. Ingat, hubungan yang sehat itu harus saling menghargai dan menghormati. Nggak ada tempatnya lho untuk kekerasan atau perlakuan kasar dalam hubungan

2. Perhatikan ketika mengekspresikan kesedihannya

Marah dan sedih adalah dua bentuk emosi yang sama pentingnya dalam sebuah hubungan. Kalo kamu sudah paham gimana tipe pasanganmu ketika ia marah, sekarang pahami gimana tipe doi ketika sedang bersedih. Coba deh kamu amati, kalau lagi sedih biasanya dia gimana? Diam, ngurung diri, atau malah jadi cerewet. Selanjutnya apa yang biasanya dia lakukan buat ngilangin sedihnya? Nonton film, dengerin musik, atau curhat ke kamu. Dan terakhir, pernahkah dia cerita tentang kesedihannya? Coba ingat-ingat, apa yang biasanya dia bilang. 

Yang perlu kamu garisbawahi, setiap orang memiliki cara yang berbeda buat ngatasin kesedihan yang mereka alami. Tugasmu sebagai pasangan yang baik adalah peka terhadap perubahan sikapnya. Dengan komunikasi yang terbuka dan penuh dengan kasih sayang, kamu dan pasanganmu akan mampu melewati masa-masa sulit bersama.


Baca juga:

3. Teliti terhadap perilakunya padamu

Yang terpenting dalam hubungan adalah bagaimana pasanganmu memperlakukanmu. Nggak melulu berbicara dan menuntut kamu harus diperlakukan seperti ratu. Tapi pertanyaannya apakah dia memperlakukanmu dengan baik atau malah penuh kekerasan, baik secara verbal maupun non-verbal?

Di titik ini, jujurlah pada diri sendiri dan coba tanya apakah kamu merasa nyaman di sisinya, atau malah tertekan? Hubungan yang sehat adalah tentang saling mendukung, bukan saling menjatuhkan. Kalian harus merasa nyaman satu sama lain, bukan merasa terkungkung. 

Seiring waktu, hubungan yang baik akan membuat kalian berdua bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Ingat, kamu berhak diperlakukan dengan baik dan bahagia dalam hubungan. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika kamu merasa tidak nyaman atau dirugikan.

4. Kepoin cara doi berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Pengen mencintai dan dicintai secara ugal-ugalan? Eits tahan dulu, jangan langsung bucin abis deh, CK Friends! Sebelumnya, kenalan dulu sama doi lebih dalam. Gimana caranya? Intip deh interaksinya di berbagai situasi.  Lihat gimana dia sama lingkungannya. Contohnya pas doi lagi sama keluarga, perhatiin gimana dia bersikap ke orang tua atau saudaranya. Bisa ngelihat sifat asli dan cara dia menjaga hubungan keluarga. 

Terus kamu harus liat juga pas pasanganmu lagi sama teman dengan ajak nongkrong bareng temen-temennya. Lihat deh gaya ngobrolnya, gimana dia berbaur, dan bisa ngelihat sisi sosialnya. Terakhir kamu bisa lihat pas dia lagi sama sekitar, kayak pas lagi pergi jalan-jalan atau makan bareng. Teliti gimana dia memperlakukan orang lain, kayak pelayan restoran atau pedagang kaki lima. Bisa ngelihat gimana dia menghargai orang lain.

Nah CK Friends, Menemukan cinta sejati bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti mustahil. Dengan memahami red flag dan green flag pada pasangan, kamu bisa mempermudah perjalananmu dalam menemukan belahan jiwa. Ingatlah, cinta sejati bukan tentang kesempurnaan, tapi tentang saling menerima dan melengkapi. Sambil nyari siapa yang benar-benar cocok untuk jadi “the one”, Biar makin seru, jangan lupa buat nongkrong dan jajan Iced Banana Gum dan Hot Dog Chilli Cheese Kransky di Circle K terdekat.

Categories: