Ngaku Jadi Movie Enthusiast? Ini 6 Istilah dalam Film Franchise!

Ngaku Jadi Movie Enthusiast? Ini 6 Istilah dalam Film Franchise!

Pernah nggak sih kamu tergila-gila dengan dunia Marvel Cinematic Universe (MCU) hingga terpesona dengan petualangan Harry Potter di dunia sihir? Jika jawabannya iya tandanya kamu telah menjelajahi dunia film franchise, yaitu kumpulan cerita yang saling terhubung dan memiliki kesinambungan, baik melalui karakter maupun dunianya. Mungkin bagi para penggemar film, istilah dalam film franchise seperti sekuel hingga cinematic universe mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Tapi bagi orang awam, istilah-istilah ini bisa terasa asing dan membingungkan. Nah CK Friends, biar kamu nggak bingung, ambil segelas Es Kopi Susu Gula Aren dan siapkan diri untuk menyelami lautan istilah-istilah penting dalam film franchise!

1. Sekuel 

Sekuel sendiri merupakan film lanjutan dari film pertama yang sudah lebih dulu tayang. Jenis film ini biasanya akan menggunakan judul yang sama dengan film pertama, kemudian ditambahkan angka untuk menunjukkan bahwa film tersebut berlanjut ke seri yang berikutnya. Contoh dari sekuel film antara lain Petualangan Sherina, Harry Potter, pengabdi setan, dan masih banyak yang lainnya.

2. Prekuel

Berbeda dengan sekuel, prekuel justru akan membawa kita kembali kemasa sebelum peristiwadi film pertama. Biasanya prekuel akan memberikan cerita latar belakang yang menjelaskan tentang asal-usul karakter dan bagaimana mereka bisa sampai di titik yang dihadapi pada film pertama. Maka jangan heran dengan latar waktu yang mundur jauh ke belakang saat karakter bahkan belum bermunculan. Contoh dari prekuel film yaitu the Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes

3. Spin-off 

Spin-off merupakan film yang lahir dari film utama, namun memiliki cerita dan fokus yang berbeda. Biasanya spin-off berfokus pada karakter sampingan di film utama, memberikan mereka kesempatan untuk bersinar dan memiliki cerita mereka sendiri. Bukan hanya tentang karakter sampingan, Spin-off dapat memperluas universe film utama, menjelajahi sudut pandang baru, dan menceritakan kisah yang berbeda. Contoh dari film spin-off yaitu Birds of Prey, mengisahkan tokoh Harley Quinn yang merupakan salah satu karakter pendukung dari film Joker.


Baca juga:

Profil Gordon Cormier, Si Bocah “Avatar” yang Mencuri Perhatian!

4. Crossover

Crossover merupakan film yang menghadirkan pertemuan epik antara berbagai karakter dari beberapa film yang berbeda. Dalam film crossover, karakter dari berbagai film yang berbeda akan bersatu dan membentuk alur kisah yang fantastis dan menarik untuk ditonton. Contoh dari film crossover diantaranya adalah Wreck It Ralph yang menghadirkan karakter video games dan Disney Princess, serta The Avengers yang menghadirkan berbagai superhero untuk melawan karakter villain yang ada.

5. Remake 

Remake merupakan sebuah film yang dibuat ulang dan diadaptasi berdasarkan film original. Film remake sendiri memiliki cerita yang mirip dengan film originalnya, namun dikemas dengan sentuhan yang berbeda. Film remake sendiri biasanya hadir setelah beberapa tahun lamanya sejak perilisan film originalnya. Tapi nggak jarang juga loh, CK Friends, film remake ini diambil dari segara lain dan dikemas dengan adaptasi yang bisa dinikmati di negara tersebut. Contoh dari film remake antara lain Miracle in Cell No. 7 yang diadaptasi dari film korea selatan dengan judul yang sama. 

6. Reboot 

Reboot merupakan sebuah film yang menghidupkan kembali cerita dan karakter dari film originalnya dengan menggunakan pendekatan yang baru. Berbeda dengan remake yang mengadaptasi film originalnya, film reboot akan memberikan interpretasi yang baru terhadap karakter yang ada. Contoh dari fim reboot adalah Pengabdi Setan tahun 2017 yang mengadaptasi judul film serupa yang sudah rilis tahun 1980. Bila dibandingkan dengan yang asli, Pengabdi Setan versi 2017 menghadirkan pengalaman horor yang lebih menegangkan dibandingkan versi aslinya. Film ini memperkenalkan karakter baru yang menarik dan alur cerita yang lebih kompleks.

Memang ya CK Friends, saat menonton film franchise bagaikan menyaksikan sebuah puzzle raksasa. Setiap film adalah potongan puzzle yang saling melengkapi dan membentuk cerita yang lebih besar. Dunia dan karakter dalam film franchise pun saling terhubung, menciptakan universe yang unik dan menarik. Setelah menonton, enaknya kamu langsung mampir ke Circle K terdekat dan beli K Meat Snack biar harimu makin sempurna!

Categories: