World Mental Health Day: Kamu Sudah Melakukan yang Terbaik Hari Ini

World Mental Health Day: Kamu Sudah Melakukan yang Terbaik Hari Ini

Tak hanya raga saja yang harus sehat, jiwa pun juga. Kesehatan mental seringkali menjadi topik pembicaraan utama akhir-akhir ini. Kesadaran akan pentingnya jiwa yang sehat sangat penting, namun masih banyak yang belum tahu atau bahkan mengabaikan kesehatan mental diri mereka sendiri dan orang lain.

Menurut WHO, kesehatan mental adalah suatu kondisi kesejahteraan di mana individu menyadari kemampuannya, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, dan dapat berkontribusi pada komunitasnya. 

Dengan jatuhnya Hari Kesehatan Mental Sedunia pada hari ini, penting bagi CK Friends untuk mendapatkan informasi dan tetap terhubung dengan orang lain. Maka dari itu, berikut cara-cara yang bisa CK Friends lakukan untuk merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia!

1. Menjaga kesehatan mental yang baik

Memang, tidak semua kesehatan mental bisa dicegah. Namun, beberapa di antaranya bisa kamu kelola dengan baik, atau bahkan mencegahnya dengan perawatan dan dukungan yang tepat. CK Friends bisa menjadi sehat dengan menginvestasikan beberapa waktu kamu dan usaha untuk kesehatan mental diri sendiri, bersama dengan keluarga, teman, dan komunitas.

2. Berbicara tentang perasaan

Mungkin, untuk berbicara tentang perasaan membutuhkan waktu dan tempat yang pas. Namun, berbicara dapat membantu otak untuk memproses perasaan dan pikiranmu, sehingga CK Friends dapat mengelolanya sedikit demi sedikit dan membantu untuk menghindari perasaan kewalahan. CK Friends bisa berbicara kepada teman yang dipercaya, atau kepada profesional untuk mendengar keluh kesahmu.

3. Aktif dan bugar

Tubuh yang sehat akan menghasilkan pikiran yang sehat pula. Maka dari itu, aktif berolahraga, latihan, dan melakukan kegiatan yang disukai dapat membantu meningkatkan harga diri, pola tidur yang sehat, tingkat konsentrasi yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan CK Friends secara keseluruhan!

4. Terhubung dengan orang terdekat

Dengan menjalani kehidupan di masyarakat, CK Friends memiliki risiko lebih kecil untuk menjadi terisolasi dan tergelincir ke dalam kesehatan mental yang buruk. Menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan teman dan keluarga dapat membantu CK Friends dalam memperkuat ikatan dan memberikan perlindungan terhadap perjuangan kesehatan mental. Dan jika CK Friends mengalami kesulitan, kamu akan terhubung dengan orang lain yang dapat memberikan dukungan.

CK Friends bisa loh untuk sekadar pergi keluar bersama teman dan menghabiskan waktu untuk mengobrol ditemani segelas kopi. Tak perlu pergi ke tempat yang muluk-muluk, CK Friends sudah bisa melakukannya di store Circle K terdekat!

Tidak mudah memang untuk menjaga kesehatan mental agar selalu baik. Namun, apabila CK Friends mau untuk reach out dan meminta pertolongan, tentu bukan hal yang mustahil untuk selalu memiliki kesehatan mental yang baik. Terima kasih telah bekerja keras hari ini, CK Friends!

Categories: