Cerita Unik Dibalik Nama ‘Hotdog’

Cerita Unik Dibalik Nama ‘Hotdog’

CK Friends pasti tidak asing dengan yang namanya hotdog. Kombinasi sosis, daging, dan roti bun panjang yang satu ini menjadi salah satu menu western favorit banyak orang. Secara harfiah hotdog artinya anjing panas. Tetapi, bukan itu arti sesungguhnya karena hotdog tidak terbuat dari daging anjing. Biar CK Friends nggak makin penasaran, kita ulas asal usul nama hotdog, yuk!

1. Terinspirasi dari Anjing Peliharaan di Tahun 1852

Hotdog dikenal dari Amerika Serikat, tetapi cikal bakal makanan ini bermula di kota Frankfurt, Jerman di tahun 1852. Pada waktu itu, para produsen sosis memproduksi sosis bentuk baru, yang lebih panjang dan ramping, dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Kemudian ada salah satu pembuat sosis yang menyarankan teman-temannya untuk membuat bentuk sosis baru ini agak melengkung, menyerupai bentuk anjing dachshund atau anjing tekel. Orang ini terinspirasi dari bentuk tubuh anjing kesayangannya. Ia percaya bahwa bentuk sosis yang melengkung akan disukai oleh banyak orang karena lucu.

2. Dachshund Sausages Imigrasi ke Amerika Serikat

Charles Feltman adalah seorang imigran Jerman yang melahirkan hotdog di Amerika Serikat pada tahun 1867. Mulanya, ia hanya seorang penjual pie dengan gerobak dorong, tetapi ternyata tidak begitu diminati banyak orang. Charles akhirnya mendapatkan ide untuk menjual dachshund sausages hangat yang dijepit oleh roti bun dan diberi nama ‘frankfurter sandwiches’.

Tidak disangka, inovasi menu dari Charles langsung memenangkan hati orang-orang Amerika dengan cepat. Tetapi sayangnya, usaha ini harus gulung tikar akibat Charles menaikkan harga frankfurter sandwiches berkali-kali lipat dan perlahan kehilangan pelanggan. Terlebih lagi, pada tahun 1916, mantan pegawai Charles, Nathan Handwerker, membuka usaha frankfurter sandwiches serupa dengan harga yang lebih murah.

3. Nama Hotdog Diciptakan oleh Kartunis New York

Seiring meroketnya popularitas dachshund sausages, makanan ini turut dijual di pertandingan olahraga, seperti bisbol atau basket. Biasanya para penjual akan berteriak, “Get your hot dachshund sausages!.”

Suatu hari, seorang kartunis dari New York Journal, Tad Dorgan, sedang menonton pertandingan dan kemudian mendapatkan inspirasi untuk membuat ilustrasi seekor anjing yang berada di tengah roti bun. Ia pun juga menambahkan tulisan, “get your hotdogs!”. Sejak saat itu, nama hotdog langsung melekat di dachshund sausages hingga hari ini.

Jadi ngiler kan ingin makan hotdog juga? Kalau gitu, CK Friends bisa cari Hotdog terdekat dan langsung aja pesan Hotdog Beef Chili Con Carne dan Chicken Chili Con Carne dari Korner Circle K. Perpaduan sosis yang besar dengan roti bun yang tebal nan lembut, dibalut dengan saus chili con carne yang memberikan sensasi rasa gurih dan pedas, dijamin bikin kamu ketagihan!

 

Categories: