Rahasia Isian Burger yang Bikin Kita Kenyang Saat Makan

Rahasia Isian Burger yang Bikin Kita Kenyang Saat Makan

Burger adalah salah satu makanan yang snackable dan tersedia hampir di seluruh restoran, cafe dan coffee shop modern di Indonesia. Bahkan mungkin ada CK Friends yang menganggap burger sebagai comfort food buat mereka, makanan yang memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan sejak gigitan pertama. Tidak heran jika burger menjadi makanan yang selalu diburu oleh orang-orang.

Awal Mula Lahirnya Burger

Sejarah munculnya burger berawal dari hamburger. Nama hamburger itu sendiri diambil dari nama kota Hamburg di Jerman, dimana awal mula daging di dalam burger berasal. Kemudian banyak warga dari Hamburg yang bermigrasi ke Amerika dan berbagi resep burger. Tidak heran jika burger berkembang pesat di Amerika.

Banyak versi cerita berkembangnya burger di Amerika. Salah satu kisah yang sering diceritakan ulang adalah kreasi burger oleh dua bersaudara dari Ohio, yaitu Frank dan Charles Menches pada tahun 1885. Kala itu Menches bersaudara jualan sandwich dengan isi sosis. Suatu ketika sosis mereka habis dan diganti dengan daging sapi cincang sebagai isi rotinya. Lalu, the rest is history.

Isian Burger Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Serunya makan burger adalah kamu bisa fleksibel untuk isiannya. Di beberapa restoran burger kamu bisa menambahkan add ons atau bahkan bisa kreasi burger sesuai dengan selera kamu sendiri. Lalu apa saja sih isian burger yang harus kamu perhatikan agar burger kamu tidak hanya nikmat, tetapi bisa bikin kamu kenyang lebih lama.

1. Whole Wheat Buns

Burger bun atau roti burger adalah sumber utama karbohidrat dan gula dari burger. Satu porsi burger mengandung sekitar 30 gram karbohidrat. Jika kamu ingin meminimalisir kandungan karbohidrat dalam burger, kamu bisa mengganti roti burger kamu dengan roti burger gandum, yang mengandung lebih banyak fiber, vitamin, dan nutrisi.

2. Burger Patty

Sebuah studi medis yang dicantumkan di Jurnal Cell mengungkapkan bahwa protein dapat menghalangi saraf mu-opioid receptor (MOR) di perut yang mengirim sinyal lapar dan kenyang ke otak, sehingga kamu akan kenyang lebih lama. Sementara itu, sebuah Jurnal Studi yang dirilis oleh National Institutes of Health menyimpulkan jika asupan protein kamu ditingkatkan hingga sebesar 30%, maka konsumsi kalori kamu akan berkurang sebesar 441 kalori.

Nah, daging sapi dan ayam merupakan salah satu sumber protein yang ada di burger. Next time, CK Friends bisa request ekstra beef atau chicken patty di burger kamu ya jika ingin mendapatkan sumber protein yang lebih banyak lagi.

3. Veggies! 

Tahukah kamu bahwa sayuran hijau mengandung banyak serat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu jadi nggak ingin menambah makanan lagi. Kamu bisa menambahkan banyak selada atau bayam di burger kamu untuk extra crunch. Jangan lupa tambahkan tomat dan timun juga untuk sensasi rasa burger yang lebih segar dan sehat.

4. Alpukat

Sejak avocado toast menjadi menu populer, banyak kreasi menu yang menambahkan alpukat sebagai salah satu bahan utamanya. Kombinasi buah alpukat dengan beef patty di burger bisa memberikan sensasi rasa berbeda dan banyak kandungan gizi seperti vitamin A dan zat besi. Kamu bisa memanggang terlebih dahulu buah alpukatnya untuk mendapatkan smoky flavor.

5. Telur 

Telur merupakan sumber protein yang tinggi juga. Selain bikin kamu kenyang lebih lama, kandungan di dalam telur juga memberikan nutrisi yang baik bagi otak. Biasanya burger menggunakan telur mata sapi yang bisa kamu pilih tingkat kematangan kuning telurnya. Kamu pasti ngiler jika membayangkan perpaduan lelehan kuning telur dengan beef patty yang juicy di setiap gigitan burger kamu.

Sekarang kamu jadi tahu harus pesan burger yang seperti apa atau menambahkan menu add ons yang mana jika memesan burger selanjutnya. Perut kenyang lebih lama, nutrisi tubuh juga bertambah.

Categories: