Mengenal eSport yang Banyak Digemari di Indonesia

Mengenal eSport yang Banyak Digemari di Indonesia

Tentunya sekarang ini kita sudah mengenal dan nggak asing lagi dengan istilah eSport (Elektronik Sport), sektor olahraga teranyar yang sedang mencuri perhatian komunitas dari beragam usia di Indonesia. ESport sendiri merupakan sebuah bidang olahraga yang menjadikan game sebagai wadah kompetitif utama.

Saat ini dunia gaming telah bermetamorfosa menjadi sebuah industri yang berpotensi, menjanjikan dan lebih kompetitif. Olahraga yang dulunya hanya dianggap sebatas hobi, sekarang ini sudah mampu berkembang menjadi panggung olahraga profesional yang semakin terorganisir.

Perjalanan awal masuknya eSport ke Indonesia

Pada awalnya, respon Indonesia terhadap merebahnya internet memang belum sebaik  beberapa negara seperti Korea Selatan, Amerika, dan Jepang. Tetapi lambat laun Indonesia bisa menyambut kehadiran internet dengan baik. Rupanya, pertandingan eSport yang pertama kali digelar ada di tahun 1989. Di tahun itu turnamen Super Mario Bros digelar di kota Surabaya di area Taman Hiburan Rakyat yang sekarang dikenal dengan nama Hi-Tec Mall. Karena makin banyak yang berminat untuk menggeluti eSport, saat ini sudah banyak komunitas yang telah berkembang pesat. Bahkan puncaknya pada tahun 2018 yang lalu, eSport menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan.

Beragam jenis eSport

Ternyata didalam eSport pun terdapat berbagai jenis genre dan titel game yang dipertandingkan di seluruh dunia dalam format turnamen dari skala kecil, komunitas sampai kejuaraan dunia diantaranya adalah:

- MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), game yang mengadu dua kubu untuk memperebutkan atau menghancurkan objektif utama milik lawan untuk memenangkan pertandingan. Contoh game MOBA adalah DOTA 2, Mobile Legends, League of Legends, Arena of Valor.

- FPS/ TPS (First Person Shooter - Third Person Shooter), game ini juga biasanya mengadu 5 orang melawan 5 orang. Contoh game FPS populer adalah Counter-Strike, Valorant, Call of Duty dan Point Blank.

- Battle Royale, genre terbaru di eSport. Game ini tidak cuma melawan 5 pemain tapi bisa 100 orang sekaligus. Battle royale memadukan ketegangan FPS dengan sensasi battle royale dengan lingkup area tanding sangat luas. Contoh game Battle Royale populer yaitu PUBG PC/Mobile, Free Fire, Apex Legends.

- Racing & Sports, dalam game ini mengangkat tema olahraga konvensional seperti balap motor, sepak bola atau basket menjadi kompetisi elektronik. Contoh game racing & sports yang dipertandingkan antara lain MotoGP, F1, PES, FIFA

- Lainnya, perkembangan yang pesat dalam dunia eSport membuka peluang untuk mempertandingkan genre-genre unik lainnya. 

Nah, sekarang kita sudah lebih mengenal lebih jauh berkat penjelasan mengenai sejarah hingga jenis-jenis eSport. kalo  kamu sekarang tertarik untuk jadi pro-players kebanggaan Indonesia nggak nih, CK Friends?  Sambil main games, memang paling enak kalau ditemani segarnya segelas Es Kopi Susu Gula Aren yang bisa kamu beli dengan harga cuma Rp10.000. 

Yuk buruan mampir ke Circle K terdekat!

Categories: