Tips Jadi Pemilih Cerdas Saat Pemilu Untuk Gen Z

Tips Jadi Pemilih Cerdas Saat Pemilu Untuk Gen Z

Pesta demokrasi yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali di Indonesia sudah berada di depan mata. Dalam kurun waktu sebulan mendatang, tepatnya 14 Februari 2024, pemilu akan kembali digelar. Sebagai warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih, kamu bisa berkontribusi pada pemilu kali ini lho, CK Friends. 

Pada saat pemilu kali ini akan didominasi oleh pemilih dari generasi muda, yaitu generasi milenial dan gen z sebagai penyumbang suara. Namun masih banyak dari para pemilih muda yang belum mengetahui apa yang penting untuk diperhatikan saat akan memilih calon pemimpin bangsa. Apa saja hal yang harus diperhatikan saat pemilu, yuk simak tips nya!

1. Pastikan telah terdaftar sebagai pemilih tetap

Untuk bisa ikut serta memberikan suara saat pemilu nanti, tentunya kamu harus terdaftar terlebih dahulu. Jadi kamu harus pastikan bahwa nama kamu sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan mengunjungi kelurahan tempat tinggal atau secara online di cekdptonline.kpu.go.id. Jika belum terdaftar, laporkan agar dapat dimasukan ke Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPTHP).

2. Cari tahu persyaratan menjadi pemilih

Tentunya ada beberapa syarat untuk terdaftar sebagai pemilih. Syarat tersebut diantaranya yaitu genap berusia 17 tahun, tidak sedang terganggu jiwa, tidak dicabut hak pilihnya, berdomisili di daerah pemilihan sesuai KTP, dan tidak sedang menjadi anggota TNI/Polri.

3. Mencari informasi mengenai visi, misi, serta rekam jejak kandidat

Agar menjadi pemilih yang cerdas saat pemilu 2024, perhatikan visi dan misi yang dibuat kandidat. Pastikan visi dan misi tersebut sudah relevan dan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Kamu juga harus mempertimbangkan rekam jejak terdahulu yang dimiliki setiap calon kandidat. Jadilah pemilih yang rajin melacak informasi rekam jejak calon pilihannya, mulai dari latar belakang, pendidikan, keluarga, aktivitas sosial di lingkungannya, pekerjaannya, dan kerja yang sudah dilakukan untuk banyak orang. 

4. Jangan golput

Terkesan sepele, namun ternyata sangat krusial. Kamu harus tetap menggunakan hak suaramu alias tidak golput. Dengan menggunakan hak suaramu kamu bisa membantu  menjadi penentu masa depan bangsa, sehingga keterlibatan pemilih pemula sangat penting dalam proses demokrasi.

Itu dia beberapa tips jadi pemilih cerdas saat pemilu. Menjadi pemilih muda, dalam pemilu kali ini gen z tentunya memiliki andil yang besar untuk menentukan masa depan bangsa. Maka belajarlah untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab dengan tidak golput. Jangan sampai salah memilih pemimpin nantinya. Sambil santai, memang paling enak kalau ditemani segarnya segelas Es Kopi Susu Gula Aren yang bisa kamu beli dengan harga cuma Rp10.000. 

Yuk buruan mampir ke Circle K terdekat!

Categories: