Anti Lemas dan Loyo, Ini Tips Badan Tetap Fit Saat Puasa!

Anti Lemas dan Loyo, Ini Tips Badan Tetap Fit Saat Puasa!

Menjalankan ibadah puasa bukan cuma soal menahan lapar dan dahaga, bukan juga harus menjalani hari dengan loyo dan lemas. Rasa keroncongan pada perut dan rasa dahaga memang nggak bisa terelakkan, tapi itu bukan berarti kamu harus jalanin ibadah puasa dengan kurang maksimal karena tubuhmu kurang energi dan tidak terasa fit. Dengan tips dan trik yang tepat kamu bisa banget loh, CK Friends, untuk tetap beraktivitas dengan penuh energi  selama bulan Ramadan. Penasaran gimana tips agar badan fit saat puasa? Yuk simak sama-sama!

1. Sahur dengan makanan yang bergizi

Masih banyak nih yang anggap remeh dan berujung nge-skip sahur. Padahal, sahur adalah kunci utama untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Pastikan sahurmu terdiri dari makanan bergizi seimbang, seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Perhatikan asupan cairan tubuh

Ngaku deh, siapa yang suka nggak kuat saat ngerasa kehausan pas lagi berpuasa? Memang, dehidrasi adalah salah satu musuh utama saat berpuasa. Maka dari itu, untuk mencegah dehidrasi pastikan kamu minum air putih minimal 8 gelas sehari, terbagi antara waktu berbuka dan sahur.  

3. Olahraga secara teratur

Olahraga bukanlah sebuah aktivitas yang harus dihindari saat sedang menjalankan puasa. Nyatanya, dengan berolahraga rutin selama puasa akan membawa manfaat untuk menjaga kesehatan, stamina, dan kebugaran tubuh. Pas lagi puasa, lebih baik kamu rajin olahraga selama 60 menit sebelum buka atau sesudah sholat tarawih. Karena waktu itu adalah saat yang pas buat gantiin kehilangan cairan tubuh.


Baca juga:

Nostalgia Momen Puasa Paling Memorable Saat Kecil, Bikin Kangen!

4. Mengatur pola makan saat berbuka

Meskipun merasa lapar setelah seharian berpuasa, jangan kalap saat berbuka puasa ya, CK Friends! Saat berburu takjil, kamu jangan lapar mata dan membeli semua makanan dan minuman yang menggiurkan. Makan secara berlebihan saat berbuka puasa justru nyatanya bisa membuat perut kamu sakit dan terasa tidak nyaman. 

5. Istirahat yang cukup

Waktu puasa bikin pola tidur juga ngalami perubahan lho, CK Friends. Jadi, penting banget atur jam tidur biar tetap bisa istirahat yang cukup. Misalnya, usahain tidur dan bangun tiap hari pada jam yang sama supaya tubuh tetep bisa nyaman dengan ritmenya.

Nah CK Friends, itu dia beberapa tips agar badan fit saat puasa. Dengan tips-tips di atas, kamu bisa tetap fit dan berenergi selama bulan puasa. Puasa bukan halangan untuk tetap aktif dan produktif. Justru, jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk melatih diri dan meningkatkan kesehatan. Biar momen puasa kamu makin seru, kamu bisa berbuka dengan segelas Iced Blacknpink Macchiato dari Circle K yang super segar!

Categories: