Gong Xi Fa Cai! Intip 5 Hal yang Identik dengan Imlek

Gong Xi Fa Cai! Intip 5 Hal yang Identik dengan Imlek

Tahun ini perayaan imlek jatuh tepat pada tanggal 10 Februari 2024. Ketika membahas perihal perayaan masyarakat keturunan Tionghoa satu ini, tentunya akan lekat dengan berbagai tradisi dan budaya yang sangat kaya. Perayaan imlek biasanya menjadi momen di mana keluarga berkumpul untuk merayakan bersama dan menghormati leluhur mereka. Mengingat perayaannya yang tinggal menghitung hari, saat ini kita disuguhkan dengan banyaknya bangunan dan berbagai tempat yang sudah dihiasi dengan pernak-pernik khas hari raya imlek. Imlek sendiri biasanya akan dirayakan secara meriah dan dengan penuh suka cita. Maka dari itu, yuk kita intip 5 hal yang identik dengan imlek!

1. Momen kumpul bersama keluarga 

Seperti halnya perayaan tahun baru lainnya, perayaan Imlek juga biasanya akan diisi dengan berkumpul bersama keluarga. Di Indonesia, masyarakat Tionghoa merayakan Imlek dengan berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga, menikmati hidangan bersama dengan suasana yang hangat, dan melanjutkan dengan melakukan ibadah atau sembahyang di klenteng.

2. Hiasan serba merah

Kamu setuju nggak, CK Friends, jika kita bisa menemukan berbagai hiasan yang berwarna merah pada saat perayaan ini. Mulai dari lampion, pita, amplop, hingga pakaian selalu bernuansa merah. Biasanya warna merah ini akan dipadukan dengan warna emas. Faktanya, warna merah dalam kepercayaan Tionghoa digunakan karena memiliki makna keberuntungan dan kebahagiaan bagi masyarakat Tionghoa. 

3. Membagikan angpao 

Waktunya panen cuan! Pembagian angpao menjadi momen yang sangat dinantikan pada perayaan ini, terutama oleh anak-anak dan remaja. Tradisi membagikan angpao dianggap sebagai simbol pemberian rezeki kepada anak-anak dan orang tua. Angpao hanya diberikan kepada mereka yang belum menikah, dan pemberinya biasanya adalah mereka yang sudah menikah.

4. Pertunjukkan Barongsai

Barongsai menjadi salah satu penampilan yang ikonik dalam perayaan imlek. Dengan dua pemain di dalamnya, barongsai tampil dengan melakukan gerakan akrobatik dan melompat. Oleh karena itu, pertunjukan barongsai menjadi salah satu highlight yang sangat dinantikan.

5. Pesta kembang api

Perayaan tahun baru rasanya akan kurang lengkap tanpa kegembiraan dari pesta kembang api. Imlek sering dikaitkan dengan pesta kembang api yang menerangi langit malam. Menurut mitos, menyalakan kembang api saat Imlek diyakini dapat mengusir monster dan menghindarkan diri dari nasib buruk di tahun yang baru.

itulah beberapa hal yang identik dengan imlek. Imlek bukan hanya sekadar perayaan khusus untuk komunitas Tionghoa, tetapi juga bisa menjadi sebuah kesempatan bagi siapa pun untuk merasakan kehangatan keluarga, kekayaan budaya, dan kebahagiaan bersama. Biar suasana makin sempurna, kamu bisa coba Pao dari KöRNER dengan berbagai macam rasa seperti cokelat, kelapa, kacang hijau, keju, dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp5.000!

Categories: