Hari Toleransi Internasional: Mari Hormati Sesama Manusia

Hari Toleransi Internasional: Mari Hormati Sesama Manusia

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya tidak semua orang sama. Ada saja perbedaan di antara kita yang membuat hidup semakin berwarna. Perbedaan dibentuk dari kultur, bagaimana kita berekspresi dan cara kita dalam menjadi manusia. Dengan perbedaan inilah, dibutuhkan rasa hormat, penerimaan, dan penghargaan yang juga disebut sebagai toleransi.

Sebagai upaya untuk mendorong kesetaraan dan keberagaman di seluruh dunia, PBB memperkenalkan Hari Internasional untuk Toleransi pada tahun 1996. Toleransi merupakan hak asasi manusia, dan semua orang berhak untuk hidup dalam kedamaian. Pendidikan juga  menjadi faktor kunci dalam mencegah intoleransi di seluruh umat manusia.

Pada artikel kali ini, kita akan berikan 8 manfaat dalam bertoleransi. Yuk, kita simak!

  • Membangun harmoni sosial

Toleransi dapat membantu dalam membangun harmoni sosial di antara individu yang beragam dan kelompok. Bila CK Friends memiliki rasa toleransi, maka kamu akan mampu menerima perbedaan antara diri sendiri dan orang lain.

  • Menciptakan rasa rukun dan damai

Toleransi diperlukan untuk mewujudkan rasa cinta akan kedamaian dan rukun antar masyarakat. Apabila kedamaian terjaga, maka kehidupan bermasyarakat pun akan stabil dan aman dari konflik.

  • Menambah pengetahuan

Dengan toleransi dan menerima nilai-nilai orang lain, pengetahuan dan ilmu baru akan keragaman menjadi meningkat. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar tentang sesuatu yang baru bisa membantu CK Friends untuk menjadi toleran.

  • Menyatukan perbedaan

CK Friends, ternyata toleransi dapat mengurangi konflik di masyarakat dengan menerima segala perbedaan loh! Dengan toleransi, semua orang bisa hidup damai dan tenang tanpa konflik berkepanjangan.

  • Meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi

Hidup dengan toleransi juga bisa berdampak positif dalam pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Saat masyarakat memiliki sikap toleransi, mereka mampu bekerja sama untuk menciptakan lingkungan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial.

  • Mencegah stereotip dan prasangka

Sikap toleransi terhadap perbedaan bisa membantu CK Friends untuk melihat seseorang sebagai seorang individu, bukan hanya anggota kelompok tertentu. Hal ini bisa mengurangi stereotip dan prasangka yang acap kali merugikan.

  • Mendukung pemenuhan hak asasi manusia

Dalam toleransi, terdapat tanggung jawab untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia, pluralisme, demokrasi dan supremasi hukum. Dengan toleransi, CK Friends turut memperjuangkan hak asasi manusia seseorang. Menerima perbedaan sama dengan menghargai hak asasi manusia.

  • Mengurangi sifat egois

Toleransi juga bisa mengurangi sifat egois dalam diri loh, CK Friends! Dengan mengetahui bahwa tiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, CK Friends bisa mengurangi sifat ego yang ada di dalam diri. 

Yang penting lagi, dengan bertoleransi, kita bisa hidup berdampingan dengan orang lain dan segala perbedaan mereka. Karena perbedaan merupakan suatu keindahan dalam hidup yang harus kita apresiasi.

Selamat Hari Toleransi Internasional, CK Friends!

Categories: