Pertanyaan Basa Basi yang Sering Ditanyakan Saat Lebaran!

Pertanyaan Basa Basi yang Sering Ditanyakan Saat Lebaran!

Lebaran identik dengan momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Suasana hangat dan penuh keceriaan menjadi ciri khas momen spesial ini. Tapi nyatanya, nggak jarang momen yang seharusnya dipenuhi suka cita ini malah diwarnai dengan berbagai pertanyaan basa-basi yang sering dilontarkan. Lebih parahnya lagi, terkadang pertanyaan basa basi yang dilontarkan bisa menyakiti hati. Nah CK Friends, biar kamu nggak jadi party poopers saat lebaran bersama keluarga, ini dia pertanyaan basa basi yang sering ditanyakan saat lebaran yang harus kamu hindari!

1. Bentuk/Proporsi tubuh dan Penampilan

Pernah nggak sih kamu saat lagi bersilaturahmi dengan keluarga di momen lebaran, lalu mendengar pertanyaan seperti “wih sekarang badannya lebih makmur ya”, atau “kok makin kurus ya? coba gemukin sedikit deh, pasti jadi lebih cakep”. Pertanyaan basa basi satu ini bisa dalam sekejap mengubah suasana hangat saat lebaran menjadi nggak mengenakan seketika. Tentunya pertanyaan basa basi tersebut bisa melukai hati orang yang dituju, bahkan masuk kedalam kategori verbal bullying loh, CK Friends!

2. Status Hubungan/Pernikahan 

Nah kalo pertanyaan yang satu ini sih biasanya akan banyak ditujukan untuk generasi millenial dan gen z. Yup, nggak jauh jauh dari “Kapan nikah? Udah umur segini loh”, “bawa dong calonnya kesini, kenalin ke keluarga”, atau “pegel nih tangan tante, pengen cepet-cepet nimang cucu”. Bagi yang masih single sih, pertanyaan ini bisa terasa seperti "serangan bertubi-tubi". Meskipun niat mungkin cuma untuk basa-basi dan bercanda, pertanyaan ini bisa menimbulkan rasa nggak nyaman bagi yang ditanya. Terlebih, jika mereka memiliki situasi personal yang kompleks terkait percintaan.

3. Pekerjaan dan Gaji

Antara peduli dengan kepo emang beda tipis, pertanyaan yang sati ini sih siap bikin meringis. Pertanyaan kelam seperti "Eh, sekarang kerja di mana?", "Gimana kabarnya, udah naik gaji belum?", hingga “Kok masih nganggur sih? Cari kerja dong” pasti juga ngaak pernah absen untuk ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sih, mungkin terkesan biasa saja bagi yang bertanya. Namun bagi yang ditanya, terutama bagi mereka yang baru lulus, beralih pekerjaan, atau sedang mengalami kesulitan finansial, pertanyaan ini bisa terasa sensitif dan menegangkan.


Baca juga:

Minal Aidin Wal Faidzin! Intip 5 Hal Yang Identik Dengan Lebaran

4. Membandingkan Pencapaian 

Pertanyaan terakhir dalam list basa basi saat lebaran nggak kalah bikin gerah saat didengar. Memang, pertanyaan seputar pencapaian hidup juga nggak pernah absen saat lebaran tiba.  Bagi yang belum mencapai "standar" yang diharapkan, pertanyaan ini bisa menjadi sumber stres dan rasa insecure. Di sisi lain, bagi mereka yang telah sukses, pertanyaan ini bisa menjadi ajang pamer dan membandingkan diri dengan orang lain.

Nah CK Friends, setelah tau pertanyaan basa basi yang sering ditanyakan saat lebaran, ada baiknya untuk menahan perkataan saat lebaran. Kita harus bisa mempertahankan suasana hangat saat lebaran agar tidak menyakiti orang lain atas perkataan yang kita lontarkan. Pada intinya, Lebaran adalah momen untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi. Hindari pertanyaan basa-basi yang berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman. Pilihlah topik pembicaraan yang lebih positif dan ciptakan suasana Lebaran yang penuh keceriaan bagi semua.

Sebagai alternatif, kita bisa memilih topik pembicaraan yang lebih ringan dan positif, seperti hobi, pekerjaan, atau rencana ke depan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuka ruang untuk percakapan yang lebih menarik dan menyenangkan.Daripada sibuk menggunjing di momen lebaran, mending kamu nongkrong dan jajan Iced Banana Gum dan Hot Dog Chilli Cheese Kransky di Circle K terdekat!

Categories: