Mendadak Penuh Ide Saat Di kamar mandi, Ini Penyebabnya!

Mendadak Penuh Ide Saat Di kamar mandi, Ini Penyebabnya!

Pernah nggak sih, CK Friends, kamu mengalami momen eureka lagi berada di dalam kamar mandi? Pas kamu lagi ngerasa susah banget untuk mendapatkan sebauh ide, tiba-tiba inspirasi mengalir bagaikan air terjun seakan kamu sedang "berkarya" di kamar mandi. Atau bisa juga saat kamu mandi, secara tiba-tiba kamu malah menemukan solusi kreatif yang memecahkan masalah membingungkan yang sedang kamu hadapi. Nggak usah bingung, karena ternyata fenomena ini bukan cuma kebetulan, lho! Di balik momen "ah-ha" yang nggak terduga itu, terdapat penjelasan ilmiah. Penasaran? Ini dia penyebab kamu bisa mendadak jadi penuh ide saat di kamar mandi.

Tidak ada distraksi sehingga bisa konsentrasi pada satu aktivitas

Bayangin deh, saat kamu di kamar mandi, sendirian aja tuh. Mau mandi, buang air, atau ngaca, fokusnya cuma ke situ aja. Beda ceritanya kalo kamu lagi sibuk ngerjain sesuatu. Otak kamu jadi penuh sama hal-hal yang harus dikerjain, sampe gak ada ruang buat mikir yang lain. Nah, di saat-saat sendirian di kamar mandi inilah, otak kamu jadi lebih bebas buat menjelajah dan ngasih ide-ide baru yang gak terpikirkan sebelumnya. 

Dalam kondisi yang lebih rileks

Saat lagi ada di dalam kamar mandi, udah pasti kamu bakal jauh dari semua hiruk pikuk dan tekanan dari orang lain. Nggak ada tuh yang bakal ganggu, nanyain atau bahkan minta tolong untuk melakukan sesuatu saat itu juga. Kamu juga akan lebih mindfull saat beraktifitas di kamar mandi.  Dengan situasi yang mendukung saat di toilet, momen inilah yang membawa otak ke dalam mode chill alias rileks. Kondisi ini bikin otak bekerja lebih tenang dan santai karena terbebas dari berbagai tekanan. 


Baca juga:

Masih Sering FOMO? Say No More!

Tubuh memproduksi hormon dopamin

Buat kaum mager mandi yang lagi ngerasa stuck dan gak ada inspirasi, mending pasang mata dan kuping baik-baik. Jawaban dari keresahan sebelumnya adalah dopamin, si hormon bahagia yang juga memicu kreativitas. Semakin banyak dopamin di otak, makin banyak ide kreatif yang muncul. Salah satu cara mudah buat nambah dopamin adalah dengan mandi air hangat. Jadi, lain kali kalau buntu ide, coba deh berendam atau mandi air hangat. Siapa tau, otak kamu jadi makin cetar dan ide-ide kreatif langsung bermunculan!

Nah CK Friends, itu dia penyebab kamu bisa mendadak jadi penuh ide saat di kamar mandi. Lain kali kamu merasa buntu ide, jangan ragu untuk melangkah ke kamar mandi. Siapa tahu, inspirasi kreatifmu akan muncul di sana! Ingat, ide-ide terbaik bisa datang kapan saja dan di mana saja, bahkan saat kamu sedang duduk di kamar mandi. Selain di kamar mandi, Circle K bisa jadi tempat yang cocok juga loh untuk nongkrong dan mencari ide. Apalagi kalo ditemenin segelas Iced Banana Gum, pastinya kamu bakal bisa makin eksplor ide-ide “gila” dan menuangkannya menjadi sebuah karya luar biasa!

Categories: