Split Bill Saat First Date Bareng Doi, Bukan Berarti Pelit!

Split Bill Saat First Date Bareng Doi, Bukan Berarti Pelit!

Hai CK Friends! Buat kamu yang lagi pdkt sama gebetan, pernah bingung nggak sih pas ngajak doi jalan saat first date? Split bill, bayarin semua, atau gantian bayar, kira-kira mana yang jadi pilihan paling tepat? Topik mengenai split bill saat first date ini emang belakangan ramai dibahas di berbagai media sosial. Ada yang setuju split bill, ada juga yang bilang cowok aja yang wajib bayarin. Sebenarnya, nggak ada yang salah sama kedua cara itu. Yang penting kamu dan dia sama-sama nyaman. Maka dari itu, yuk simak bareng-bareng pembahasan berikut ini! 

Split bill itu apa sih?

Split bill bisa diartikan dengan bayar sendiri-sendiri, ibaratnya seperti urunan gitu, lho CK Friends. Saat sedang nge-date untuk yang pertama kalinya, split bill berarti nggak ada yang mentraktir, masing-masing bayar sendiri. Pada dasarnya, split bill sama kayak patungan, jadi total yang kamu bayarin sama dengan si dia. Jadi, kamu dan doi sama-sama ngeluarin uang yang sama untuk bayar kencannya. Beda banget kan sama stigma yang biasanya, di mana cowok yang mentraktir cewek. 

Kenapa split bill sering jadi perdebatan?

Setuju nggak, CK Friends, kalau nggak jarang split bill bisa mempengaruhi “image” gebetan kedepannya. Seakan-akan hal ini menjadi sangat krusial dalam membangun kesan pertama terhadap seseorang. Sekarang ini entah kenapa topik tentang split bill ini sering menjadi perdebatan. Di satu sisi, ada yang menganggap bahwa cowok merasa jika merekalah yang harus membayar saat sedang first date. Hal itu seakan udah menjadi peraturan tak tertulis yang seharusnya secara refleks dilakukan oleh para cowok. 

Namun di sisi yang lain, nggak sedikit loh cewek yang lebih memilih untuk membayar tagihan mereka sendiri, dan beberapa bahkan menawarkan untuk membayarkan tagihan pasangannya. Hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin menampilkan rasa mandiri dan tidak ingin selalu bergantung pada cowok. Tren split bill ini ternyata nggak selalu berjalan mulus. Ada beberapa cewek yang merasa tersinggung kalo cowok nggak mau diajak split bill, menganggapnya sebagai tanda bahwa nggak mau bertanggung jawab atau pelit. Dan ada juga beberapa cowok yang dari kecil sudah diajarkan oleh orang tuanya untuk selalu membayar full saat melakukan first date.

Dari sini terlihat ya, CK Friends, bahwa masih ada perbedaan persepsi dan ekspektasi antara cewek dan cowoki dalam hal split bill. Penting untuk melakukan komunikasi yang terbuka dan jujur tentang hal ini agar terhindar dari kesalahpahaman dan cekcok.

Etika saat akan melakukan split bill

Split bill itu sebenarnya boleh banget kok, sah-sah aja. Apalagi, kalau kamu lagi pas bokek dan nggak bisa ngeluarin banyak uang buat kencan. Asal kamu jujur aja sama pasanganmu, biar sama-sama nyaman. Nah biar nggak di cap “pelit” dan “perhitungan” sama gebetan, ini dia beberapa etika dasar yang harus kamu pahami. 


Baca juga:

1. Komunikasi adalah kunci

Saat momen first date bareng gebetan, yang penting itu satu, ngomong aja baik-baik. Sebelum makan, kamu bisa bahas soal gimana mau bayar bareng. Mau kamu yang traktir? Bilang aja terus terang, biar nggak ribet rebutan bayar di kasir. Atau kamu mau patungan aja? Nah bilang juga sopan dan jelas. Santai aja kalau si dia ternyata nggak setuju, kamu bisa tanyain aja alasannya kenapa. Dari situ, kalian bisa ngobrol dan saling paham lebih dalam tentang satu sama lain. Kamu bisa tau pendapat doi, sebaliknya dia juga bisa tau situasi keuangan kamu. Hitung-hitung sekalian tes kecocokan juga bukan? 

2. Cari kesepakatan bersama

Nah CK Friends, setelah mengkomunikasikan permasalahan split bill dengan si dia, penting hal nya buat menyepakatinya bersama. Lagi-lagi, kamu nggak perlu malu untuk bahas hal ini dengan gebetanmu. Bilang aja dengan jelas tapi tetap sopan, biar dia juga nyaman. Kamu wajib pastiin, dia bermasalah gak kalau split bill. Nah, kalau dia setuju, kalian berdua kan jadi makin enak buat nentuin gimana nanti cara bayarnya.

3. Jujur kepada partner kencan tentang kondisimu

Nggak usah malu-malu buat ngomongin soal keuangan ke gebetan. Emang sih nggak gampang ngomongin hal ini, apalagi kamu pasti mau ngasih kesan pertama yang baik. Tapi kalo kamu serius mau sama dia, penting banget buat terbuka soal keuangan. Bukan buat pamer lho, ya! Tujuannya sih biar gebetan kamu tau kondisi kamu seperti apa, jadi dia ngerti kalo kamu nggak bisa selalu ngajak dia ke tempat mahal. Kalo kamu terbuka gini, justru dia bisa lebih ngehargain kamu dan makin percaya sama kamu. So, jangan ragu buat ngobrol soal keuangan sama gebetan kamu. Ingat ya CK Friends, komunikasi yang terbuka itu penting banget dalam membangun hubungan yang sehat.

Nah CK Friends, Ingat ya first date bukan tentang siapa yang bayar, tapi tentang mengenal satu sama lain lebih baik. Kalau kamu merasa nyaman dan cocok dengan si dia, split bill nggak akan jadi masalah. Justru, hal ini menunjukkan bahwa kamu mandiri dan bertanggung jawab atas keuanganmu sendiri. Tau nggak sih, kamu bisa banget jajan Iced Blacknpink Macchiato dan Odeng Premium sambil nge-date di Circle K terdekat!

Categories: